Market Mapping dan Bugedtting
Inkubator Bisnis II merupakan kelanjutan dari Inkubator Bisnis I yang mana kegiatan ini merupakan salah satu program kerja UPA PKK yang dilaksanakan oleh Tim Kewirausahaan. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai program studi. Mahasiswa Prodi D3 Akuntansi yaitu Dimas Daib Dzakiansyah (2340102123), Shefta Eka Praswati (2340102125), Gita Eka Nur Cahyani (2320102067), Tika Nur Azizah (2310102003), Tania Salsabela Surya Saputra (2340102105), Siti Miftachul Mahmudah (2310102001), Dina Ariyanti (2320102090), Berliana Najmi Hayati (2320102080), Rivana Azzahra Nurhidayat (2310102022), Nova Triyogesti (2320102078) sebagai perwakilan program studi D3 Akuntansi yang hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutan dan pembukaan oleh Kepala UPA PKK yaitu ibu Dra.Lucia Rita Indrawati, M.Si. menyampaikan terima kasih kepada narumber dan tamu undangan yang telah berkenen hadir serta terima kasih kepada para peserta yang telah datang dan mengikuti acara. Inbis II ini mengangkat tema Market Mapping dan Bugedtting. Semoga kegiatan ini bisa menambah ilmu para peserta.
Setelah kegiatan sambutan dilanjutkan dengan acara pemaparan materi mengenai Market Mapping dan Bugedtting oleh Oby Zamisyak, M.Pd. Pemaparan materi yang disampaikan oleh Bapak Oby mencakup banyak hal mengenai market mapping. Pada acara ini saya akan mencoba mengupas secara perlahan dan runtut.

Market Mapping adalah metode untuk memvisualisasikan posisi atau produk kita di dalam pasar tertentu. Manfaat market mapping yaitu sebagai berikut:
- Menemukan Market Gap (Celah Pasar)
- Memahami Posisi Kompetitor
- Membantu Segmentasi Pasar
- Menyusun Strategi Produk dan Pemasaran
- Mempermudah Komunikasi Strategi Bisnis
Adapun komponen market mapping yaitu sebagai berikut:
- Segmentasi Pasar
- Analisis Pesaing
- Posisi produk atau jasa
Sementara itu Budgeting adalah proses merencanakan pemasukan dan pengeluaran dalam suatu periode tertentu untuk mencapai tujuan keuangan. Adapun komponen bugedtting mencakup:
- Biaya tetap vs biaya variabel
- Estimasi Pendapatan
- Cashflow
Ada juga kesalahan umum dari budgeting yaitu:
- Tidak mencatat transaksi
- Over-budgeting
- Tidak memiliki dana darurat

Bugedtting dalam konteks bisnis dan startup merupakan peta keuangan yang membantu perusahaan mengatur pengeluaran, memaksimalkan pendapatan, dan menghindari kegagalan sejak awal dengan tujuan untuk mendapatkan profit atau valuasi.
Dari pemaaparan meteri tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dalam mendirikan sebuah perusahaan, budgeting merupakan suatu hal yang penting untuk kehidupan perusahaan, jika budgeting tidak dilakukan dengan baik maka akan berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha. Sementara itu market mapping melihat sekitar lebih cocok dengan bisnis apa misalnya disekitar kampus yang mana rata-rata adalah anak muda maka jika mau memulai usaha makanan/minuman cari makanan atau minuman yang digemari mahasiswa.
“Penyampaian materi oleh narasumber sangat jelas dan bermanfaat mengenai market mapping dan budgeting. Penjelasan yang mudah dipahami sangat membantu kami dalam memahami konsep ini dengan lebih baik. Kami mengapresiasi ilmu yang telah dibagikan, semoga ke depannya kami dapat mengaplikasikan wawasan yang telah diperoleh dalam dunia profesional.” Ucap Dimas, Shefta dan Gita.